Jumat, 04 Januari 2013

Bagaimana Agar Earphone Kita Awet?

Bagi pecinta musik pasti udah terbiasa untuk menggunakan earphone, headphone, headset, atau apalah itu. Nah, pasti pernah mengalami kan earphone yang tiba-tiba rusak, suaranya jadi aneh, atau bahkan tidak bersuara sama sekali.

Bagaimana agar earphone kita tidak cepat rusak yaa?
Berikut tipsnya:

  • Jangan kena air atau basah, tidak boleh terbentur , tentunya bagi pemakai headset tipe kabel, jangan menggulung kabel sembarangan karena ini bisa merusak sambungan suara dari ponsel ke Mikrofon.
  • Kabel headset jangan dilipat, pastikan pada saat memakai headset kondisi teling dalam keadaan kering supaya tidak merusak kepala headset jika terkena basah.
  • Jangan meletakan headset disembarang tempat, seperti di kantong misalnya, kabel headset bisa rusak kalau terlipat.
  • Hindarkan headset dari kelembapan dan air. dikhawatirkan, jika air masuk kedalam mikrofon, ini membuat kualitas suara headset jadi terdengar parau. Mengenakan headset di tengah hujan atau membuka untuk keringat berlebihan pendek bisa keluar beberapa komponen listrik headset.  Headset nirkabel sangat rentan terhadap masalah ini.
  • Saat mendengarkan musik menggunakan headset, gunakan volume yang sedang untuk menjaga kesehatan telinga.
  • Jangan biarkan headset dalam Anda mobil  pada temperatur ekstrim. Kedua ekstrem negatif (sangat panas atau sangat dingin) dapat mempengaruhi pengoperasian headset.
  • Hindari tali membungkus sekitar unit headset saat menyimpan.  Seiring waktu ini akan melemahkan kabel dan dapat menyebabkan plastik mencakup sekitar kawat memburuk. Ini adalah masalah umum dengan headset dijalin dgn tali.
  • Cobalah untuk tidak memutar atau berputar kabelnya pada headset saat menggunakan. Hal ini sering dilakukan tanpa sadar dan biasa, tetapi merusak kawat dan mempersingkat masa pakai headset.
  • Berhati-hatilah untuk tidak menjatuhkan headset nirkabel atau membuangnya di atas meja atau meja. Banyak headset memiliki komponen interior kecil yang dapat membebaskan diri, merusak seluruh unit.
  • Bersihkan makeup, keringat, kotoran, dan produk rambut dari headset Anda secara berkala, seperti headset dapat menjadi sangat kotor.  Jika kotoran menembus casing luar unit, dapat mengganggu pengoperasian headset. Gunakan kain basah atau tisu bebas alkohol untuk membersihkannya dengan lembut.
  • Jangan tarik kabel dari headset yang dijalin dgn tali untuk menghapusnya dari perangkat.  Hanya menghapus perangkat secara langsung di adaptor, atau tali akan rusak.  Bahkan sejumlah kecil gaya berulang dari waktu ke waktu dapat menyebabkan kabel secara bertahap menarik dari adaptor dan kabel interior keributan.
--
Sumber:
http://ruanginfo-ku.blogspot.com/2010/05/merawat-headset-handphone-agar-tetap.html
http://rosentio.wordpress.com/2010/09/13/cara-perawatan-untuk-sebuah-headset/