Sabtu, 05 Januari 2013

Teknik Menendang Bola dengan Jitu

Sepak bola dan futsal adalah salah satu olah raga yang diminati sebagian besar kaum pria di dunia. Banyak orang yang hobi main bola. Namun, tak jarang orang tidak mengerti teknik menendang bola saat bermain. Sehingga tendangan sering gagal masuk gawang saat shooting, tendangan bebas, bahkan penalti.

Jadi, bagaimana teknik menendang bola yang benar agar tendangan kita tepat sasaran?
Berikut tipsnya:

  1. Letakkan bola ditempat yg se-nyaman mungkin, tidak jauh2 dari yang seharusnya pastinya :D, pastikan tanah tidak bergelombang...
  2. Mundur be2rapa langkah untuk mengambil posisi (jika kita memakai kaki kanan, mundur agak lebih ke kiri sedikit, dan sebaliknya).. fokuskan pada 1 titik,.
  3. Saat berlari untuk menendang usahakan titik berat tubuh ada di bagian yg berlawanan. hal ini bisa dilakukan dengan mengangkat tangan yg berlawanan dgn kaki yg digunakan untuk menendang (misal: kaki kanan --> tangan kiri) setinggi bahu / pundak. cara ini persis seperti yg digunakan david beckham saat menendang. Dengan menambahkan berat badan, maka akurasi tendangan akan meningkat.
  4. Tendang dengan 2 pilihan bagian kaki:  Kaki bagian dalam jika jarak free kick nya kira2 15 -25 m, karena dgn bagian kaki ini biasanya kekuatan tendangan bola tidak sekuat dengan punggung kaki, tapi akurasinya bagus, ATAU Dengan punggung kaki jika ingin "shoot on goal" dan bukan umpan ke kotak pinalti. dengan metode ini, kekuatan tendangan bisa 10% bertambah.
  5. Lari sekuat tenaga jika anda merasa sudah menguasai teknik ini, karena dgn demikian anda telah menambahkan kekuatan tendangan. lari sedang2 saja jika memang masi ragu2.
Jika ternyata tendangan gagal, berarti Anda masih harus banyak-banyak berlatih. Jika tendangan sudah mengarah ke gawang, tetapi selalu dihalau sama kiper, berarti emang kipernya hebat, wkwkwk.
Salam olahraga!!

Sumber: