Sabtu, 05 Januari 2013

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kesehatan sangat penting bagi kita. Salah satu faktor untuk tetap sehat yaitu menjaga daya tahan tubuh. Saat daya tahan tubuh melemah, virus-virus dapat dengan mudah menyerang sehingga kita menjadi sakit.

Seperti apa tips-tips agar daya tahan tubuh kita tetap kuat sehingga kita terhindar dari penyakit?
Berikut tipsnya:




  • Olahraga yang teratur

Setiap pagi, usahakan selalu melakukan olahraga secara teratur. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat. Jangan berfikir bahwa hanya olahraga beratlah yang mampu membuat tubuh kita merasa sehat. Karena olahraga yang kecil sudah bisa memberikan manfaat bagi tubuh kita. Untuk anda yang masih berusia muda, ada kalanya jika anda berolahraga seperti olahraga sepakbola, basket, atau bermain tenis. Untuk anda yang sudah berusia lanjut, jalan kaki pun sudah merupakan olahraga yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh anda.

  • Istirahat yang cukup setiap harinya.

Istirahat dan tidur yang cukup merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda.

  • Berpikiran positif

Didalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan sehat juga. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menerpa kita.

  • Makan makanan bergizi dan sehat

Selalu pastikan bahwa makanan yang anda makan sudah higienis atau sudah di cuci dengan bersih atau dimasak dengan matang yang sempurna. Penuhi juga makanan yang berserat setiap harinya. Makanan yang berserat yaitu apel, wortel maupun kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat ini yaitu menjaga tubuh dari serangan bakteri.

  • Makanlah dengan porsi yang wajar jangan berlebihan.

Di khawatirkan badan anda akan mengalami kegemukan dan riskan terkena penyakit yang terkait dengan kegemukan atau obesitas.

  • Penuhi kebutuhan vitamin D. 

Karena vitamin D ini berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari, telur, hati dan ikan.

  • Kurangi stres

Pernahkah anda merasakan stres? Jika pernah, jangan diamkan pikiran anda terus menerus merasakan stres karena hal tersebut dapat membuat daya tahan tubuh menjadi terhambat. Anda bisa saja menghilangkan rasa stres tersebut dengan berkumpul dengan teman atau yang lainnya.


Sumber:
http://choijunwoo.wordpress.com/2012/08/29/tips-menjaga-daya-tahan-tubuh-agar-tetap-kuat/
http://intips-kesehatan.blogspot.com/2012/04/jaga-daya-tahan-tubuh-sehat.html